Tuesday, August 8, 2017

Wajan / Pan berdasarkan Fungsinya , Tips Membersihkan Wajan Dari Kerak Hitam

Karena bentuk dari pan cukup banyak, itu berarti fungsinya pun berbeda. Tapi kadang ada sebagian orang yg menggunakan pan mereka menjadi multifungsional, tetapi sebenarnya tiap pan memiliki fungsinya masing - masing. 
Dibawah ini beberapa penjelasan dari fungsi masing - masing pan 

1. Wok
Image result for wokWok merupakan jenis wajan yang digunakan untuk menggoreng dengan minyak yang banyak. Wajan ini mempunyai bentuk yang cekung sehingga bisa menampung minyak dalam jumlah banyak dan membuat bahan masakan terendam dalam minyak.



Image result for fry pan2. Fry Pan
Jika ingin menumis dan menggoreng dengan sedikit minyak, gunakan saja wajan fry pan. Wajan jenis ini memiliki beragam ukuran yang bisa dipakai sesuai dengan kebutuhan (besarnya porsi masakan). Umumnya wajan ini agak datar. Untuk porsi yang lebih besar, Anda dapat memilih yang agak cekung.


Image result for grill pan3. Grill Pan dan Griddle Pan
Kedua jenis ini digunakan untuk memanggang. Bentuk grill pan adalah bergerigi (naik-turun) pada permukaan bagian dalam. Gunanya adalah untuk menghasilkan “tekstur” naik-turun pada hasil panggangan. Selain itu, juga supaya minyak bisa turun ke bagian cekungan dan tidak terbawa dalam makanan yang dipanggang. Sementara griddle pan digunakan untuk hasil panggangan dengan tampilan yang polos atau tidak bertekstur.


Image result for source pan4. Source Pan
Kalau wajan yang satu ini biasa dipakai untuk membuat saus. Wajan ini memiliki kedalaman dan umumnya berukuran tidak terlalu lebar yakni 14 hingga 18 cm.
Image result for stock pot


5. Stock Pot
Peranti masak yang satu ini mempunyai kegunaan seperti wajan, namun biasa digunakan untuk memasak makanan yang berkuah.











Tips atau cara membersihkan wajan dari kerak hitam : 

  1. Tuang air panas ke dalam wajan yang gosong. Hal ini bertujuan untuk membuang sebanyak mungkin sisa makanan dan sisa gosong yang menempel di wajan.
  2. Buat pasta dari baking soda yang dicampur dengan cuka dan air perasa lemon secukupnya. Campur semua bahan hingga membentuk pasta yang tidak terlalu kental ataupun encer.
  3. Oleskan pasta tadi ke bagian wajan yang gosong dan diamkan selama beberapa menit, kira-kira 5 - 15 menit.
  4. Setelah itu, isi wajan yang ada bagian kerak hitam tadi dengan air hingga menutupi bagian yang gosong.
  5. Panaskan air selama kurang lebih 10 - 15 menit. Selama memanaskan air ini, Anda bisa sambil mengaduk-aduk air dengan sudip dari kayu sembari menggosok bagian bawah wajan yang berkerak.
  6. Jika air sudah dipanaskan, matikan kompor dan biarkan wajan tersebut terendam air tadi semalaman. Hal ini agar kerak gosong tadi bisa melunak dan semakin mudah untuk dibersihkan
  7. Setelah direndam seharian, buang air rendaman tersebut.
  8. Ambil spons yang sudah diberi cairan pencuci piring. Lalu gosok permukaan wajan hingga sisa kerak gosong yang masih menempel hilang semua.
  9. Jika kerak hitam sudah hilang dari wajan, Anda bisa mencucinya seperti biasa. Anda bisa menggunakan Sunlight Jeruk Nipis 100 yang mampu membersihkan 5 kali lebih cepat*.

No comments:

Post a Comment

Famous Food #6

Tempe Makanan yang berbahan dasar dari kacang kedelai ini ternyata sudah sering mejeng dalam festival kuliner di dunia. Makanan khas I...