Wednesday, August 9, 2017

Perbedaan Fridge x Freezer x Showcase

Fridge, freezer, dan showcase termasuk ke golongan kulkas tetapi berbeda kegunaannya. untuk lebih mengetahuinya kt bisa membaca post ini lebih lanjut

1. Fridge
Image result for fridgeSecara umum, tidak ada perbedaan bentuk fisik yang terlalu mencolok di antara ketiga jenis kulkas tersebut di atas. Fridge (kulkas biasa) umumnya memiliki varian yakni 1 pintu dan 2 pintu. Terlihat jelas bahwa dengan kulkas 2 pintu, anda dapat menyimpan makanan dan minuman dengan kapasitas yang lebih banyak (dengan tambahan rak di bagian belakang pintu kulkas) dibandingkan dengan yang hanya memliki 1 pintu.
Sementara itu, freezer juga umumnya terdiri dari 2 jenis, yakni deep freezer dan chest freezer. Biasanya, pada kulkas keluaran terbaru saat ini juga sudah menyediakan freezer yang menyatu dengan bagian dalam kulkas, atau fridge freezer.

2. Showcase

Image result for showcase

Showcase adalah jenis kulkas terbaru yang sekilas mirip dengan kulkas namun terlihat berbeda dengan tampilan pintu yang transparan (dapat dilihat dari luar).
Sesuai dengan namanya, showcase, yang berarti “mempertunjukkan / memperlihatkan”, kulkas dengan jenis ini umumnya digunakan oleh para penjual minuman atau makanan agar barang yang mereka jual dapat terlihat langsung oleh konsumen. Selain itu, bagian dalam dari kulkas dengan jenis ini hanya berupa rak-rak yang dapat digunakan untuk menyusun makanan atau minuman dalam beberapa baris.

Image result for freezer3. Freezer
Deep freezer sendiri menyediakan beberapa slot untuk anda yang ingin membekukan makanan, atau minuman dengan pintu yang dibuka dari depan. Sedangkan chest freezer, atau yang biasa anda lihat di toko es krim, juga memiliki beberapa slot yang dapat berguna untuk membekukan makanan atau minuman. Namun, perbedaannya terletak di pintu kulkas yang harus dibuka dari atas. Selain itu, chest freezer umumnya berukuran melebar dan bukan meninggi.



Tingkat Suhu Maksimal Pendinginan

Berdasarkan tingkat suhu terendah yang dapat dicapai dari ketiga jenis kulkas di atas, freezer masih menempati urutan pertama dengan suhu maksimal pendinginan mencapai -28℃ (pada chest freezer). Pada dasarnya, freezer memang didesain untuk membekukan air menjadi es batu, sehingga banyak penjual es krim atau makanan beku lebih memlilih menggunakan freezer untuk menyimpan barang yang mereka jual sebelum akhirnya laku di tangan konsumen. Selain itu, anda dapat menggunakan freezer di rumah anda untuk membuat es batu atau hanya sekedar menyimpan daging untuk waktu yang lebih lama (dapat bertahan sekitar 1-3 bulan).
Tempat kedua dihuni oleh fridge (kulkas biasa) dengan tingkat suhu maksimal pendinginan mencapai 0℃. Umumnya, fridge yang biasa anda gunakan di rumah hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan makanan dan minuman agar tetap dingin dan segar. Namun, anda tidak dapat menyimpan bahan mentah seperti daging atau sayuran dalam waktu yang setara dengan freezer, mungkin hanya dapat bertahan hingga beberapa hari ke depan saja. Ingat, semakin lama disimpan di dalam kulkas, kandungan gizi dari bahan mentah tersebut akan menjadi semakin berkurang juga.
Terakhir, showcase yang hanya dapat mencapai suhu maksimal pendinginan antara 0-10℃ memang cocok apabila anda ingin menaruh makanan cepat saji atau minuman berkemasan kaleng di dalamnya. Selain mudah terlihat dari luar, showcase juga memiliki karet pada pintunya yang memungkinkan untuk dibuka tutup dengan nyaman tanpa mengurangi tingkat suhu dan kesegaran di dalamnya secara signifikan. Selain itu, kemampuan pendinginan showcase bisa dua kali lebih cepat dari kulkas biasa.
sc: https://www.arjunaelektronik.com/perbedaan-jenis-kulkas-fridge-vs-freezer-vs-showcase/

No comments:

Post a Comment

Famous Food #6

Tempe Makanan yang berbahan dasar dari kacang kedelai ini ternyata sudah sering mejeng dalam festival kuliner di dunia. Makanan khas I...